Iwan Fals: Semoga Penyebar “Hoax” Nggak Mati-mati

Penulis: Darmansyah

Rabu, 8 Mei 2013 | 14:10 WIB

Dibaca: 0 kali

Iwan Fals meninggal? Itulah pertanyaan dari kabar “hoack” yang menjalar bak air bah di situs-situs jejaring sosial sejak Selasa malam hingga sepanjang Rabu. Banyak orang terperanjat. Banyak orang menahan haru begitu ‘memamah” berita “duka” yang bohong itu.

Pemilik nama Virgiawan Listanto, atau lebih dikenal dengan Iwan Fals, dengan penuh keenganan “terpaksa” menjelaskan tentang dirinya yang masih hidup bugar. Lewat akun twitternya @iwanfals, lelaki yang sangat populer dengan lagu “Umar Bakrie“ dan “Bongkar” itu, malah kembali bertanya, “Maksudnya apa ya yang ngisuin saya meninggal?”

Iwan Fals dengan sedikit santai mempertanyakan motif pihak-pihak yang mengabarkan dirinya meninggal dengan sedikit senyum ketika wartawan mendatanganinya di rumah tinggalnya, Virgiawan Listanto itu mendoakan mereka yang menyebarkan “hoax” itu bisa diberi umur panjang.

“Ya sudah tak doain yang ngisuin saya itu panjang umur Kalau perlu enggak mati-mati,” tutupnya. Cikal, putri kedua Iwan Fals dan Rosana, yang pertama dihubungi wartawan Selasa malam, memberi kabar sang ayah dalam keadaan sehat. “Malam Mbak, alhamdulillah semuanya sehat-sehat walafiat. Iwan Fals sehat,” begitu kutipan SMS dari Cikal yang diteruskan kebanyak wartawan.

Kabar Iwan Fals hoax bukan kali pertamanya Iwan Fals diisukan meninggal. Sebelumnya pada 2012 silam, dirinya juga sempat dikabarkan meninggal akibat serangan jantung.

Rosana, istri sekaligus manajer artis musik balada itu juga ikut dikerubuti pertanyaan tentang kebenaran suaminya meninggal. Pesan pendek yang bertimbun di “blackberry”nya sampai ngadat. Ia mengirim balasan itu denganbantahan ketidakbeneran  kabar yang  beredar dan menyebut bahwa suaminya telah meninggal dunia.

Gosip  meninggalnya Iwan Fals itu tersebar melalui broadcast message (BM) dengan pesan duka. “Turut berduka cita untuk Musisi Terbaik Kita, Bang Iwan Fals yang telah meninggal dunia di Rumah Sakit Putra Medica Jakarta Selatan, pada Pukul 13.41 WIB karena serangan Jantung.”

Berkait dengan kabar tersebut, Rosana alias Yos,  istri Iwan, mengabarkan balik bahwa Iwan baik-baik saja. “Pasti mau nanyain keadaan Iwan ya?… alhamdulillah sehat2 aja,” tulis Yos kepada “nuga.co.

Sementara itu, melalui akun Twitter-nya, @iwanfals, lelaki kelahiran Jakarta, 3 September 1961, ini memberi tanggapan mengenai gosip tersebut sejak Selasa.

‏”yg bener tuh sy malah dikasih air putih & bunga warna merah jambu,” isi tweet pertama Iwan tentang kabar itu. “maksudnya apa ya yg ngisuin sy meninggal?” tulisnya  Rabu siang. Yang kemudian ditambahkannya,  “ya udah tak doain yg ngisuin sy itu panjang umur, klo perlu gak mati2,” sambungnya satu jam sesudahnya. “Amin,” imbuhnya satu jam setelahnya.

Musisi legendaris Iwan Fals selama bulan April lalu melakukan tour ke Kalimantan dan Sumatera. Tour ini masih menyisakan beberapa kota di bulan Mei ini. Iwan juga mengisi acara manggung di  acara Pelabuhan Indonesia Award 2013 pekan lalu di Hotel Mulia, Jakarta. Tampil dengan lima musisi pendamping, Iwan Fals menggebrak sejak awal. Lagu-lagu seperti ”Bento”, ”Bongkar”, hingga ”Pesawat Tempur.” rkan.

Saat jeda lagu, berkali-kali Iwan Fals menyentil pelabuhan. ”Wah, orang pelabuhan banyak uangnya, nih,” ujarnya. Tamu yang hadir, mulai dari kalangan operator pelabuhan hingga ”raja-raja kapal” Indonesia, sontak tertawa.

Dihalangi properti panggung, Iwan justru sulit berkoordinasi dengan para musisinya. Spontan dia berkomentar, ”Beginilah pelabuhan. Kejaaam!”

Direktur Utama Indonesia Port Corporation  RJ Lino sempat naik ke panggung dan membalas kritik Iwan lewat lagunya dengan mengatakan,  ”Begini, ya. Menurut saya, lirik lagu-lagu tadi terlalu banyak kritiknya. Negara kita sedang membangun. IPC sedang membangun. Kang Iwan, saya sarankan lebih banyak membuat lagu yang membangkitkan semangat”.

Iwan sempat tertegun sejenak. Para tamu juga terkejut dan sedikit cemas menantikan tanggapan Iwan Fals. ”Ya, beginilah pemimpin ini,” ujar Iwan Fals santai, memuji RJ Lino. Sontak para tamu tertawa lepas dan bertepuk tangan. Iwan Fals dan RJ Lino juga sama-sama tertawa.

Dalam tournya ke Singkawang Kalimantan Barat Iwan Fals sempat menggoda penggemarnya dengan nyanyian Bunga Trotoar dan  menyampaikan pesan, “Tolong dijaga kuil-kuilnya, klenteng-klentengnya, ini kota 1.000 klenteng.”

Dalam konser tournya itu Iwan juga menyentil kondisi hutan di Kalimantan Barat yang semakin gundul akibat pembalakan liar. Asal tahu saja, Kalimantan Barat dulu tersohor sebagai “paru-paru” dunia. “Kalimantan Barat juga terkenal dengan hutan-hutannya, dulu. Kita enggak bisa mengeluh terus-menerus, kalian yang masih muda, yang masih punya tenaga ayo tanam pohon-pohon yang hijau,” imbau Iwan di antara lagu Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi dan Tanam Siram Tanam.

Selama ini aksi panggung Iwan  tidak hanya diisi oleh lagu-lagu kritik tapi juga memperdengarkan lagu-lagu sendu atau pun  lagu-lagu cinta, seperti Menanti Seorang Kekasih, Buku Ini Aku Pinjam, Izinkan Aku Menyayangimu, Tak Kenal Maka Tak Sayang.

Para penggemarnya di komunitas “Oi” atau orang Indonesia, Iwan fals sempat dituding telah berpaling dari “tukang kritik” nomor satu. Sebuah pesan yang disampaikan oleh “Oi” dikatakan, “Bang Iwan kini sedang jatuh cinta.”

Komentar