Darin, Gadis Belia “Istri” Luthfi Hasan Ishak

Penulis: Darmansyah

Selasa, 21 Mei 2013 | 20:34 WIB

Dibaca: 1200 kali

darin istri siri luthfi

Seorang perempuan cantik,  berbadan “montok,” masih belia dan  duduk di kelas tiga sebuah SMK di kawasan Cawang, Jakarta, ,  bernama Darin Mumtazah, diduga menjadi  istri simpanan dari tersangka kasus kuota impor daging sapi Luthfi Hasan Ishak.

Darin Mumtazah, yang foto dirinya di dapat dari “facebook,” yang keluarganya  baru beberapa bulan tinggal di sebuah rumah sewa seharga Rp 75 juta setahun di   Jalan Bhineka Raya No 3 RT 10 RW 09, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, oleh para tetangganya dipastikan istri dari Luthfi Hasan Ishak, mantan presiden PKS.

Luthfi Hasan, menurut para tetangganya,  kerap menyambangi kediaman Darin Mumtazah.  Namun  para tetangga di sekitar rumah sewa keluarga Darin  tak ada yang mengenali sosok Luthfi. Tetangga baru tahu belakangan setelah melihat Luthfi di televisi. Sebelumnya, tetangga hanya tahu kalau Luthfi orang dari kedutaan.

“Kalau kata ibunya, mantunya itu orang Jeddah tapi saya diam aja,” jelas Ibu Hasan, seorang tetangga mengungkapkan identitas pria yang sering datang ke rumah tetangganya dan selalu dikatakan berasal dari Jeddah.

Tapi Ibu Hasan mengaku dia mengenal wajah dan tahu bahwa yang datang itu Luthfi Hasan. Sebab anak-anak Ibu Hasan merupakan kader PKS. “Pak Luthfi itu saya kenal, karena di sini kan PKS juga. Saya pernah bilang itu orang PKS. Cuma dibantah sama orang tetangga yang suka ngumpul di warung, katanya bukan, itu orang kedutaan,” jelas Ibu Hasan.

Soal orang kedutaan itu memang kuat alasannya. Kalau Luthfi bertandang ke rumah Darin, kerap didampingi pengawalnya. “Saya bilang sama mereka, itu kan orang PKS yang sering datang ke tetangga kita. Cuma saya nggak tahu dia presiden. Kata mereka bukan, itu orang kedutaan, kan dijaga,” jelas Ibu Hasan.

Kini setelah melihat sosok Luthfi di televisi mereka baru tahu kalau yang mengunjungi Darin sudah ditahan KPK. Luthfi dijerat kasus suap impor sapi dan pencucian uang. Karena kasus itu, Darin juga ikut dipanggil KPK. Tapi Darin yang masih duduk di kelas 3 SMA ini tak pernah datang.

Warga sekitar memang  mengaku pernah mendengar kabar Luthfi memiliki hubungan khusus dengan Darin. Menurut Yuni (41), tetangga yang juga Sekretaris RT 10/9, dirinya sering melihat Lutfi mengunjungi kediaman Darin. “Rumah tempat tinggal keluarga itu dikontrak oleh  Ziad,  ayah Darin 8 bulan lalu. Gosipnya sih anaknya jadi istri siri LHI tapi saya gak tahu pasti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 10, Dede mengaku rumah milik Saud Situmorang ini memang telah dikontrakan oleh Ziad sejak delapan bulan lalu. Dede mengatakan, dari awal mengontrak hingga saat ini sang pemilik belum juga memberikan data keluarga kepada dirinya. “Sudah sering saya minta, tapi dia bilang besok-besok terus,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi mengenai Darin, kuasa hukum Luthfi Hasan Ishaaq, Zainuddin Paru mengaku tidak tahu perihal status hubungan kliennya dengan Darin. “Saya malah baru dapat kabarnya dari sampeyan mengenai hal itu,” ujarnya.

Nama Darin mencuat sejak KPK menjadwalkan untuk memeriksa pelajar SMK di daerah Cawang itu sebagai saksi dalam kasus pencucian uang. Sayangnya, Darin mangkir dari panggilan KPK dengan alasan tidak jelas.

Para tetangga juga pernah mendengar dari keluarga Darin bahwa anaknya memang menjadi istri dari lelaki yang kemudian mereka tahu Luthfi Hasan Ishak. Alasan sang ibu Dari, seperti dikutip para tetangganya, “Biar aja dikawini. Dari pada hidup susah nantinya.”

Ibu Darin juga sering menyebut pria yang menjadi “suami” anaknya itu sebagai “bos.” Dari si “bos” ini pula kehidupan keluarga Darin selama hampir setahun ini berubah drastic. “Hidup mereka tiba-tiba bak menang lotre. Dulunya biasa-biasa saja. Bahkan kalau pria itu datang ia mendapat pengawalan,” kata seorang tetangga yang lain.

“Tadinya tinggal di pinggir kali got besar), ngontrak. Saya kaget kok bisa pindah ke sini,” jelas Yuni yang juga staf kelurahan. Yuni mengaku kenal akrab dengan ibunda Darin yang akrab disapa Ummi. Saat keluarga itu pindah dari kontrakan kecil ke rumah besar seharga Rp 75 juta per tahun, dia sempat bertanya-tanya.

“Saya kan yang dipercayai buat ngurus-ngurus rumah ini dari yang punya dulu. Jadi saya tahu betul. Saya juga kenal sama Ummi,” imbuh Yuni. Yuni tak habis pikir apa yang membuat keluarga itu bisa meningkat taraf hidupnya. Ummi diketahui berjualan pakaian di Kebon Nanas, Jaktim. “Nggak tahu deh bos-nya siapa. Mungkin itu tuh yang presiden PKS,” tutup Yuni.

Darin sudah dipanggil dua kali oleh KPK. Dia berstatus saksi terkait kasus Luthfi Hasan, tetapi dua kali panggilan pula Darin tak datang. Sang ibu saat ditanya detikcom mengaku heran kasus Luthfi dikait-kaitkan dengan Darin. Padahal masih ada istri Luthfi yang pertama, kedua,

Komentar