Saipul Jamil Sudah Dijauhi Selebriti

Penulis: Darmansyah

Selasa, 24 Mei 2016 | 09:54 WIB

Dibaca: 0 kali

Tiga bulan sudah penyanyi dangdut Saipul Jamil  tenggelam dari hiruk pikuknya panggung hiburan.

Yang paling menyedihkan, ia juga tak pernah di “anggap’ lagi di lingkungan selebriti terutama di serial acara Dangdut Academy milik Indosiar yang ia “bangun” citranya.

Memangnya Saipul sudah benar-benar disingkirkan?

“Iya,” jawab seorang rekannya yang tahu persis bagaimana media televisi  ingin menjauhkan sebuatn nama “saipul” dari serialnya.

Lantas bagaimana dengan kondisi Saipul di “rumah” prodeo alias tahanan?

Bang Ipul, begitu ia akrab disapa, mengaku ingin tetap tampil rapi kendati kini ia berstatus sebagai terdakwa

Karena itu, pria ini mencukur rambutnya.

“Potong rambut biar keren. Harus jaga penampilan,” kata dia dari balik sel.

Saipul mengatakan, menjadi tahanan lantas membuat ia tak mengurus penampilannya.

Menurut dia, di mana pun tempatnya baik di rumah atau rutan, kebersihan tetap nomor satu.

“Jangan mentang-mentang di rutan, tapi enggak jaga penampilan. Enggak boleh compang-camping dong karena kan kebersihan sebagian dari iman,” ucapnya.

“Enggak botak. Ada yang nyukur, warga binaan juga. Ada yang bisa, bikin spesialis rambut,” tambah Saipul.

Hari itu, ketika ia tampil,  Saipul menjalani sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi dari pihak terdakwa.

Rencananya ada sembilan saksi yang nantinya dihadirkan dalam persidangan.

Saipul ditangkap di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis 18 Februari 2016 lalu atas laporan dugaan tindak cabul terhadap seorang anak remaja

Dalam kesempatan itu pula Saipul  mengaku sempat merasakan berada di titik jenuh pada masa-masa awal ia menjadi tahanan.

Bahkan, pernah timbul pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

“Pernah kepikiran itu (bunuh diri) pas di polsek. Minggu-minggu pertamalah. Berat banget. Pokoknya pengin menghabiskan aja, gimana caranya,”

Ia merasa tak kuat mental dan tak tahan harus menetap di sel tahanan kecil. Ia merasa tak bisa bebas beraktivitas.

Bukan hanya itu, kebersihan sel, juga kamar mandinya, menurut Saipul, kurang terjaga. “Bocor lagi. Sampai saya mau nyumbang ember sama gayung. Itu waktu di polsek,” kenang pria yang akrab disapa Ipul itu.

“Buat saya, polsek sungguh kejam. Saya nge-down. Saya hidup di ruangan sempit, enggak bisa ke mana-mana. Duh, enggak enak deh,” lanjut dia.

“Kami kan manusia. Hewan aja kandangnya bersih. Harus layak. Bukannya dibikin enak, minimal dibikin nyaman,” tambah Saipul.

Namun, akhirnya, Saipul mengaku bisa melewati masa-masa itu.

“Akhirnya, saya mencoba menghibur diri. Akhirnya, saya mencoba untuk nyaman. Ikhlas. Saya ikhlas. Saya hanya bisa nyanyi, mengaji. Selama sebulan lima belas hari, Haji Saipul Jamil dikerangkeng,” katanya.

Dan sejak di tahanan  Saipul i semakin mengerti arti pertemanan sesungguhnya.

Sebab, selama di dalam tahanan, ia merasa dijauhi oleh teman dekatnya.

“Yang selama ini nganggep gue temen, pada saat ini mereka hilang satu per satu. Semuanya terlihat,” kata Saipul.

Namun, pria yang akrab disapa Ipul itu enggan menyebutkan teman-teman yang telah menjauhinya saat ini.

Benarkah teman-teman sesama artis? Ini kata Ipul.

“Artis? Alhamdulillah enggak ya. Pokoknya saya enggak pernah minta duit mereka. Saya hanya minta sama Allah.”

“ Makanya, waktu dimintai jaminan penangguhan penahanan, ketahuan siapa yang benar-benar teman, siapa yang tidak,” kata Ipul lagi.

“Sekarang aku bisa lihat, mana temen yang punya jiwa ikhlas dan mana yang tidak. Ketahuan,” tambahnya.

Saipul ketika ditanyai apakah yang akan dilakukannya ketika bebas dan pulang ke rumahnya.

“Maunya pulang menikmati tanaman di rumah. Melihat saudara-saudara, melihat kota Jakarta yang macet,” kata

“Sudah tiga bulan saya tidak melihat macet,” ujar

Kabar lain dari Saipul juga menyeruak menjadi makanan media global, terutama Mail Online atau dailymail.co.uk yang menulis pada 19 Mei 2016.

Diberi tahu mengenai hal itu, Saipul terlihat kaget dan, lalu, berbicara soal kemungkinan go international suatu saat nanti.

“Itu serius masuk berita luar? Kasus gue ya?” tanyanya

“Wah, mungkin itu saya bisa go international, mudah-mudahan. Jadi, mulai dari kasus, ya enggak apa-apa,” ucapnya.

Ihwal media Inggris itu salah menulis bahwa Saipul merupakan bintang musik Thailand, bukan Indonesia, Saipul menanggapinya dengan tawa.

“Artis Thailand? Ha ha ha,” katanya lalu tertawa.

Sebagai informasi, dailymail.co.uk pada 19 Mei 2016 memuat berita berjudul Music Star Poses for a Selfie with His Defence Team while Standing in the Dock During His Trial for Child Molestation in Thailand.

Komentar